Bermacam Cara Pilihan Diet

Bermacam Cara Pilihan Diet

Bermacam cara dilakukan orang untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Hal ini karena ketidak percayaan diri karena memiliki berat badan berlebih. Selain itu, memiliki berat badan yang berlebihan akan mengganggu kesehatan seseorang. Oleh karena itu saya paparkan beberapa pilihan diet yang dapat Anda pilih untuk mendapatkan berat badan yang ideal tersebut.

Beragam pilihan diet

Beragam diet berikut ini dapat Anda pilih sesuai dengan kemampuan dan pertimbangan kesehatan untuk Anda:
  1. The south beach diet
Diet ini diciptakan oleh dr.Arthur Agatson yang merupakan seorang ahli jantung. Diet ini menggunakan diet tinggi protein, rendah lemak hanya dengan menggunakan lemak baik, jenis lemak baik ini seperti omega3dan 6, atau monounsaturated fatty acid. Diet cara ini tidak membatasi asupan karbohidrat kompleks. Kelebihan diet ini yaitu:
-          Melangsingkan tubuh tanpa membuat lapar
-          Mengontrol kadar gula di dalam darah
-          Menurunkan kadar profil lipid
-          Mencegah terkena penyakit jantung karena menganjurkan mengonsumsi lemak baik dan karbohidrat dengan indeks glikemik rendah.
Sedangkan kekurangan cara ini yaitu:
-          Tidak membatasi asupan makanan
-          Makanan dengan indeks glikemik rendah jika berlebihan dapat membuat tubuh kurang energi
-          Tidak dianjurkan untuk anak-anak dan remaja yang sedang berada dalam masa pertumbuhan.
  1. Dairy free food diet
Salah satu pilihan diet yang direkomendasikan oleh ahli nutrisi pada anak celliac disease, gluten atau dairy allergy intolerance, dan autisme. Diet ini memperbolehkan makanan karbohidrat yang tidak mengandung protein  bukan dairy product termasuk keju, mentega yang dibuat dari susu sapi.  Kelebihan dari diet ini yaitu mengatasi alergi protein susu sapi pada anak, membantu terapi anak autisme dan celliac didease, juga bisa membantu pelangsingan tubuh.
Kekurangan diet jenis ini yaitu memerlukan protein lain untuk menggantikan susu sapi. Diet ini menimbulkan defisiensi mineral dan vitamin tertentu sehingga diperlukan suplementasi mineral dan multi vitamin.
  1. Atkinae diet
Teori ini dari dr. Robert C.Atkins mengenai diet rendah karbohidrat, tinggi lemak, tinggi protein, tanpa membatasi jumlah kaloriyang masuk. Banyak digemari oleh kaum wanita. Cara diet atkin yaitu memperbolehkan mengonsumsi lemak dan protein sebanyak mungkin seperti daging ayam, bebek, sapi, telur, mentega, dan keju. Namun harus membatasi nasi, ubi, kentang, singkong, jagung, roti, dan talas. Kelebihan diet ini yaitu menurunkan berat badan dengan cepat tanpa rasa lapar, tanpa obat, dan tetap berenergi. Namun terdapat beberapa kekurangan yaitu:
-          Diet ini tidak seimbang karena apabila diterapkan dalam jangka waktu lama bisa menimbulkan gangguan fungsi ginjal dan hati. Dengan diet ini memaksakan tubuh menggunakan energi dari lemak sehingga terjadi ketosis yang akan menghancurkan sel-sel otot dan dehidrasi, akan menimbulkan efek mual, sulit konsentrasi dan sakit kepala.
-          Menimbulkan defisiensi zat-zat nutrisi yang penting seperti vitamin, serat, dan mineral.
-          Meningkatkan risiko jantung koroner, hipertensi, stroke, dan kanker usus besar karena kurangnya asupan serat.
  1. Cabbage soup diet
Dengan mengonsumsi sup kol selama 1 minggu berturut-turut. Karbohidrat berjumlah rendah, kadar protein juga rendah, dan begitu juga dengan kadar lemak.
Kelebihan diet ini yaitu sangat cepat menurunkan berat badan dibandingkan dengan pilihan diet yang lain. Kekurangannya secara tidak langsung membatasi asupan makan. Karena diet ini menimbulkan rasa lapar. Kalori yang sangat rendah dapat terjadi defisiensi vitamin dan mineral.

This entry was posted on Selasa, 03 April 2012 and is filed under ,,,,. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Responses are currently closed.

Total Pageviews